Daftar Beasiswa LPDP

Hi! Post ini aku buat karena banyak teman-teman yang bertanya apa langkah-langkah mendaftar beasiswa setelah lulus S1. Karena banyak yang bertanya, jadi aku fikir lebih mudah untuk membuat sebuah post lalu aku tinggal memberikan tautan ke blog ini. 😌 (Dan membuat liburanku lebih berfaedah dan produktif, haha.) 😝

Postingan kali ini aku akan fokus pada tahap-tahap mendaftar beasiswa LPDP, karena aku tahunya beasiswa ini. Aku pernah mencoba beasiswa lain, Australia Award dan Chevening, tetapi membaca persyaratannya saja aku sudah tidak eligible karena beasiswa tersebut mensyaratkan pengalaman kerja beberapa tahun. Padahal aku masih freshgraduate dan pengalaman kerjaku masih beberapa bulan.

Nah, pertama, klik tautan ini lalu download booklet beasiswa BPI, booklet beasiswa Afirmasi, dan download perguruan tinggi tujuan beasiswa LPDP.

11.png

Kamu bisa cek di booklet tersebut apakah kamu bisa mendaftar beasiswa affirmasi atau beasiswa reguler. Misalnya, berikut adalah contoh-contoh persyaratan beasiswa affirmasi.

Photo 19-12-17, 8 15 48 am

Photo 19-12-17, 8 15 57 am

Photo 19-12-17, 8 16 10 am

Photo 19-12-17, 8 16 22 am

*for more details, please do read the booklet.


Lalu, jika ternyata kamu tidak termasuk pendaftar beasiswa affirmasi, kamu bisa langsung buka buku panduan beasiswa BPI.

photo-19-12-17-8-13-23-am1.pngphoto-19-12-17-8-12-53-am1.pngphoto-19-12-17-8-13-39-am1.pngPhoto 19-12-17, 8 13 39 am

*for more details, please do read the booklet.


Cermati syarat-syarat dan ketentuan yang ada di buku panduan, lalu tetapkan target apakah ingin mendaftar beasiswa dalam negeri atau luar negeri. Lalu perlu dipikirkan apakah akan mengambil TOEIC/TOEFL IBT/IELTS. Setelah kamu mencermati buku panduan, otomatis kamu sudah tahu harus menyiapkan IELTS, misalnya. Untuk tujuan luar negeri, skor IELTS minimal adalah 6.5, tetapi menurutku kamu juga harus cek perguruan tinggi kamu apakah meminta IELTS lebih dari 6.5 atau tidak. Sehingga nanti jika kamu tes IELTS, target skormu sesuaikan dengan perguruan tinggi tujuanmu, jadi tidak perlu tes IELTS dua kali.

Maka, langkah kedua, kamu buka booklet perguruan tinggi tujuan beasiswa LPDP.

2.png

*for more details, please do read the booklet.

Pilih universitas yang ada di pdf tersebut, lalu buka website universitas tersebut, misalnya kamu memilih Monash University. Cari jurusan yang kamu inginkan dan cek persyaratannya.

 

3

contohnya, ini jurusan aku.

 

4

dia mensyaratkan skor minimum IELTS 6.5

 

Setelah kamu mengetahui persyaratan beasiswa dan universitas, kamu dari sekarang bisa langsung belajar-belajar untuk tes bahasa. Kamu juga bisa langsung buka akun LPDP dan mulai menyicil upload-upload dokumen. Ada juga beberapa essay yang harus kamu buat.

Di blog aku ini juga ada contoh-contoh essay yang aku buat, tapi itu aku buatnya di tahun 2016 karena aku gelombang III tahun 2016. Kamu bisa google aja contoh-contoh essay LPDP yang terbaru. Kalau mau search punya aku di blog ini juga gapapa sih. 😌

Jadi, itu intinya: baca buku panduan – pilih universitas tujuan – cek syarat IELTS berapa – tes IELTS – siapkan dokumen yang lain – bikin akun – dan upload-upload. Ohya FYI, pendaftaran LPDP tahun depan untuk dalam negeri mungkin dimulai sekitar bulan April. Jadi kalau kamu persiapan dari sekarang at least kamu punya waktu 3 bulan.

Good luck! πŸ’ͺ🏼πŸ’ͺ🏼πŸ’ͺ🏼 Aku harap penjelasanku sudah cukup jelas, kalau belum bisa comment langsung dibawah sini atau hubungi aku melalu line @gadgadis.

 

34 thoughts on “Daftar Beasiswa LPDP

      • Harus belajar bahasa, test… Panjang ceritanya… Mbak, hehe… Numpang nanya mbak, apa ada beasiswa yang cocok buat orang seperti saya, sudah berkeluarga sehingga punya tanggungan… Beasiswa kan identik cuma menanggung biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa nya aja kan… Sementara saya sudah ada tanggungan… Apa masih mungkin? Atau harus tetap kuliah juga kerja? Kerja malam dong… Dan harus mastiin nilai bagus? Dan berkeluarga juga… Wah… Haha… Jadi tambah serem

        Liked by 1 person

      • Ohh okeee. Mungkin mas bisa cari tau tentang beasiswa Australia Award.

        Beasiswa ini IELTS nya lebih rendah dr LPDP, lalu jika diterima nanti akan diberi pelatihan. Saya kurang tahu ada tunjangan keluarga atau tidak, tetapi berdasarkan teman saya yg dapat beasiswa ini, kata dia living allowance beasiswa ini lebih banyak dr LPDP. Lalu, kata dia pula beasiswa AW juga membantu menyekolahkan anak.

        Tetapi beasiswa ini memang tidak menerima awardee sebanyak awardee LPDP pertahunnya.

        Coba mas google dulu tentang beasiswa ini dan cari tahu persyaratannya. Insyaallah mas termasuk kok.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s