Berkunjung ke Panti Asuhan Al-Kaff

Untuk memperingati 1 Muharram, pengajian ibuku mengadakan acara berkunjung ke Panti Asuhan Al-Kaff di Jabung kab. Malang. Rumahku full dengan beras, pakaian, dan barang-barang lain untuk disumbangkan ke panti asuhan. Pulang dari hari PPL terakhir pun aku langsung ribet bikin kue dengan budhe untuk diberikan ke anak-anak panti.

donat

donat home made (y) serius enak banget

Roti Kukus

warna pastel. aku loh yang buat :3

Sebenarnya aku sudah pernah ke panti ini, tapi itu sudah lama sekali rasanya. Jadi ingatanku agak sedikit buram. Mom sangat suka panti asuhan ini karena kata beliau panti tersebut sangat membutuhkan. Anak asuhnya 107 anak dari umur 3 bulan sampai remaja, sedangkan pengasuhnya hanya 7. Kebayang ga sih betapa hectic dan ribetnya keseharian mereka.

Lalu, hari ini kami berangkat pukul 7.00 AM. Sangat pagi sekali karena tidak ingin pulang terlalu siang. Kalau terlalu siang akan ada acara karnaval dan pastinya kena macet. We don’t want that. Daddy suruh aku ikut biar ada yang bagian foto-foto. Kalau di kampus ikut kepanitiaan pasti divisi PDD (Publikasi dokumentasi dan dekorasi) di rumah pun begitu. Rupanya walaupun usia sudah kepala 4, tetep seneeeeng banget difoto.

DSCF0649

candid πŸ˜€

DSCF0638

sebelum berangkat, dengan barang bawaan satu truck (y)

Perjalanan selama satu jam dan sebenarnya aku ingin tidur karena terkena efek obat flu yang membuat ngantuk. Namun, ibu-ibu yang satu mobil dengan kami lagi seneng dan heboh sekali, jadi aku gagal tidur, hiks. Akhirnya sampailah kami di panti itu dan disambut dengan adik kecil yang ketika aku tanya bernama siapa dia hanya senyum-senyum saja.

DSCF0660

still the same.

DSCF0665_

😦

DSCF0668_Adik-adik kecil itu berpakaian seadanya dan bahkan ada yang terlihat agak dekil (yang makan plastik itu). Yah bagaimana lagi pengasuhnya hanya 7 untuk 102 anak 😦 Kami datang antara pukul 9-9.30 dan ternyata mereka belum sarapan. Sepertinya mereka tidak pernah sarapan, jadi hanya brunch (breakfast and lunch jadi satu). Kalau kita, laper tinggal pergi ke dapur atau masak mie atau beli sesuatu di luar, sedangkan bagi mereka tentu tak semudah itu. Makanan mereka pun tidak semewah kita. Kadang kita makan ini itu tidak mau, atau kita kebingungan diet karena merasa gendut. Lalu membuang-buang makanan. Lihatlah mereka, mereka kekurangan makanan. Kita kadang kurang bersyukur.

Ketika kami datang Ibu Nyai, pengasuh panti itu, memanggil anak-anak untuk berkumpul di suatu ruangan. Setelah acara sambutan-sambutan, ada pembacaan ayat suci Al-Quran juga, lalu setelah itu doa. Kami tidak bisa berlama-lama karena ada tamu yang lain.

Ah ya, ternyata ada anak difabel juga di sana, tune netra.

DSCF0689

DSCF0690 remind me of one of my friend in PSLD (pusat dan layanan disabilitas)

DSCF0693

sesampai di panti ibu-ibu sontak langsung nangis. sepertinya hanya aku yang tidak menangis, but it doen’t mean that i dont have heart ~

DSCF0717DSCF0719

DSCF0721DSCF0734DSCF0752Di sana aku bertemu dengan si kembar Rosita dan Amel. Mereka difabel, kaki mereka tidak sesempurna kita-kita ini. Amel yang berkuncit, sedangkan Rosita yang berbaju kuning. Amel agak sulit diajak berkomunikasi, jadi aku menanyakan nama dia pun melalui Rosita. Ayah ibu mereka sudah meninggal semenjak dia lahir, entah bagaimana ceritanya, jadi mereka semenjak bayi sudah panti tersebut. Rasanya ingin aku angkat mereka jadi adik angkat, tapi aku mah bisa apa.

Aku tipe orang yang mudah akrab dengan anak kecil, jadi mereka dengan mudah bisa akrab dengan aku. Mereka suka aku ajak main-main dengan kamera, tetapi mereka sendiri malu-malu ketika difoto.

DSCF0767

DSCF0805 This is Amel

DSCF0807

DSCF0808DSCF0806 Rosita yang suka senyum, tapi malu kalau difoto.

Rasanya ga pengen ninggalin panti karena ada mereka .. Semoga masih ada kesempatan di waktu mendatang, semoga mereka ngga lupa sama saya {}

DSCF0811_

me and the lovely twin.

12 thoughts on “Berkunjung ke Panti Asuhan Al-Kaff

  1. Pingback: Karnaval Grebeg Suro Ketangi | La Petite Fille

  2. Semoga Tuhan selalu memberi rahmat bagi jiwa-jiwa kuat seperti mereka, ya. Buat kalian juga, yang sudah demikian baik memerhatikan mereka. Mereka pasti sangat bahagia kedatangan banyak tamu seperti itu, ya. Tapi ngomong-ngomong, naik mobil pikup memang asyik banget, apalagi kalau berdiri terus sambil konser, wuh sadap :hihi.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s