(Playlist): Kurt Cobain

Ini tentang lagu-lagu yang kami mainkan ketika KKN di batu. :mrgreen: Kadang-kadang ada waktu luang ketika kami tidak ada pekerjaan apapun dan akhirnya lontang lantung di kosan. Awalnya kami mengisi dengan main uno, tetapi lama-lama bosan. Dan akhirnya kami akustikan bersama-sama, yang ujung-ujungnya hanya saya dan Angga yang nyanyi bareng. Lebih tepatnya, Angga yang main gitar, saya yang modal mulut sama request doang. Lagipula teman-teman sibuk dengan gadget masing-masing. Selain itu kami ngga punya taste of music yang sama.

Pertama, saya dan Angga adalah fans berat Nirvana. Seneng banget bertemu teman KKN yang sama-sama penyuka Nirvana. Meskipun itu band lama, lagu bagus ya tetap lagu bagus. Kata adikku, Nirvana itu band kewut (baca: tuwek).

Ini nih playlist kenangan:

1. Nirvana – Polly

Polly wants a cracker. Lagu favorite yang pertama, meskipun tidak tau artinya apa, tetapi saya membayangkan cracker disini itu junk.

2. Nirvana – Smells like teenage spirit

Lagu wajib nomor dua. Tanpa saya request pun sudah dimainkan oleh Angga. Ketika rapat POKDARWIS (kelompok sadar wisata) di balai desa, saya memainkan lagu ini sebelum rapat dimulai. Lah mau gimana lagi karena saya ngga punya koleksi dangdut. Lalu teman-teman yang di duduk belakang pada tepok jidat semua.

3. Nirvana – Come as You are

Ini yang paling sering dinyanyiin Angga pake banget. Musik ini bercerita bagaimana dia memaafkan orang yang telas menusuknya dari belakang. Coba deh dengerin:

4. Nirvana – Something in the way.

Lirik-nya something in the way something in way doang. Jadi kami nyanyi something in the waaaay terus sampai ngantuk, tapi musiknya enak. Nge-flow gitu

5. Nirvana – Where Do You Sleep Last Night

Ketika aku baca di wikipedia, lagu ini lagu rakyat Amerika, tapi aku menerka-nerka lagu ini ditujukan untuk Courtney Love, karena mereka lagi berantem-berantemnya. Dan liriknya jleb

Udah itu doang yang nirvana, karena dia nggak hafal kunci yang lain. Setelah nostalgia lagu-lagu itu biasanya kami membahas bagaimana Kurt Cobain bisa bunuh diri, bagaimana kehidupannya sehari-hari, kenapa si drummer Dave Grohl sampai nggak muncul di film dokumenter Kurt Cobain: The Montage of Heck” yang di produseri oleh anaknya sendiri @alka_seltzer666.

Kata Angga sih, karena Dave tidak suka dengan Courtney Love. Dia baca di buku biografi-nya Kurt Cobain yang dia janjikan meminjamkannya kepadaku namun tak kunjung diberikan kepadaku.

Mengenai Courtney Love, walaupun dia dinyatakan bersih oleh polisi, menurutku dia ada sangkut pautnya dengan bunuh diri-nya Kurt Cobain, karena di tahun itu mereka dikabarkan akan bercerai, sedangkan anaknya si @alka_seltzer666 masih 2 tahun. Mungkin Kurt Cobain stress kemudian bunuh diri. Selain itu, mungkin Kurt Cobain bunuh diri karena dia bilang bahwa sakit kepala dan perutnya tak tertahankan, sedangkan dia tetap nge-junk dan minum minuman keras. Kalau Angga bilang, Kurt Cobain bunuh diri karena Nirvana terkenal dalam waktu yang cukup cepat. Aku tidak menemukan alasan yang make sense kenapa dia bunuh diri. Yah, memang uang tak menjamin orang untuk hidup bahagia.

Mungkin jika Kurt Cobain tak bunuh diri, dia mungkin akan seusia ayahku dan dia akan melihat anaknya yang semakin hari semakin gothic itu. Nama dia adalah Frances Bean Cobain, silahkan kunjungi di @alka_seltzer666.

Menurut saya, Frances dan Kurt nggak ada mirip-miripnya sama sekali selain mereka sama-sama junkie. Frances tidak menuruti bakat orang tua mereka sebagai musisi. Even Nirvana is not her cup of tea. Dia juga pernah bilang di twitter kepada fans-fans Nirvana dan Kurt Cobain kalau dia tidak menuruni bakat orang tuanya di bidang musik, ‘Jadi jangan berharap saya bisa bermain musik seperti Kurt Cobain, ya’. Seperti itulah kalau di Bahasa Indonesia-kan. Dan dia lebih menekuni di bidang fashion industry.

Saya mah kasihan sama Frances karena pertama, sudah ditinggal bunuh diri ayahnya, dia mempunyai hubungan buruk dengan ibunya. Sudah begitu ketika masih di kandungan, ibunya juga masih junkie. Ya memang susah sih ketika ingin bertaubat, tetapi masih satu rumah dengan orang yang junkie.

Meskipun terlihat jutek, cuek, dengan Nirvana atau semua hal tentang Kurt Cobain, aku berfikir semua anak pasti ingin tau siapa ayahnya, seperti apa ayahnya dulu, sehingga dia memproduseri film dokumenter Kurt Cobain. Dan aku merasa dia ada jarak dengan ayahnya dari pidatonya di premiere film Kurt Cobain: The Montage of Heck”:

“The reason I’ve been able to watch it six times is because of the film Brett made. I didn’t know Kurt … He was a human being and I think that’s been lost within the romanticism and the myth of him and his story. What this movie will provide, hopefully, is a real understanding of who he was. And I feel like he’d be really proud to have this movie made about him. So I’d like to thank Brett a lot.”

Read More: Frances Bean Cobain Speaks at Kurt Cobain Film Premiere | http://loudwire.com/frances-bean-cobain-surprise-speech-kurt-cobain-film-premiere/?trackback=tsmclip

Itulah tentang Frances dan Kurt Cobain. Meskipun mereka tak bisa bersama-sama di dunia, semoga nanti mereka bisa bersama-sama nanti suatu saat entah dimana.

Dan meskipun akhir hidup Kurt Cobain tragis, lagu-lagu Nirvana tetap epic!

11 thoughts on “(Playlist): Kurt Cobain

  1. Pingback: Trust Allah, but Tie Your Camel | PETRICHOR

  2. Kayaknya saya kudet banget nih Mbak soalnya tidak begitu tahu dengan band ini terus kisah di baliknya. Meski musik mereka terkenal ke seantero jagat, entah kenapa saya merasa agak kasihan dengan keluarga itu. Ceritanya agak tragis. Yah, saya cuma berharap semoga kita semua bisa mengambil yang bagus-bagus (seperti lagunya yang keren) dan menjauhi yang jelek-jeleknya (being a junkie yak :hehe). Saya yakin sih kita bisa jadi lebih baik dari yang sekarang :hehe, dan buat mereka, semoga pada akhirnya nanti semua selesai dengan baik apasih ini gak mutu banget :haha.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s