Penentuan Awal Ramadhan tahun 1435H/2014M

Lagi-lagi penetapan awal Ramadhan tahun 1435H/2014M di Indonesia berbeda antara versi Muhammadiyah atau pemerintah. Rektor IAIN Walisongo Semarang mengatakan bahwa MABIMS sepakat dalam beberapa patokan penentuan awal bulan, semisal tinggi hilal minimal 2 derajat dengan waktu minimal 8 jam, dan lain sebagainya, seperti yang dilansir oleh kabar24.com. MABIMS adalah negara Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura. Pemerintah juga masih akah melaksanakan sidang itsbat nanti malam (oh my god). Sidang itsbat ini tidak akan disiarkan secara live, namun hasilnyya akan disiarkan di konfersi pers secara terbuka. Kenapa kok sidangnya tidak disiarkan secara live? *tanya kenapa*.

Sementara itu, 27 Juni 2014 menurut Muhammadiyah adalah awal malam pertama Ramadan kata ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin di gedung PP Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta, Selasa (http://news.detik.com). Yang keren, Muhammadiyah mendatangkan ahli astronomi dari Perancis Thierry Legault untuk menetapkan awal Ramadhan. Thierry menggunkan teropong dan teknologi digital terbaru untuk mengamati posisi bulan dan benda-benda langit lainnya. Menurut Muhammadiyah, konjungsi atau dalam istilah bahasa Arabnya adalah ijtima’ dijadikan landasan untuk menentukan awal bulan termasuk permulaan Ramadan. Thierry mengatakan dari perhitungan melalui teropong dengan melihat posisi bulan, matahari dan bumi maka konjungsi akan terjadi pada 27 Juni 2014 pukul 15.10 WIB. Keren kan? Udah ngedatangin ahli dari prancis dan alatnyapun canggih. Jadi, hilal nggak semerta-merta cuma dilihat dari mata telanjang.

Menurut Din lagi, NU dan pemerintah menentuan awal bulan tak hanya pada ijtima’ namun juga harus memenuhi syarat imkanurrukyah, di mana posisi matahari terbenam lebih dari 2 derajat. Pemerintah lagi mbulet sama 2 derajat itu, sedangakan Muhammdiyah sudah fix nanti sholat tarawih pertama Ramadhan tahun 1435H/2014M. Ah senangnya!

Kalau saya pribadi, saya mulai puasa besok, 28 Juni 2014. Jadi, nanti saya akan melakukan sholat tarawih pertama. XD Seneng banget. Alasannya, saya berfikir secara logika aja, kenapa sih penentuan awal puasa kok dibuat ribet. Sholat idul fitrinya bakal bareng, bersamaan, kenapa awalnya juga nggak? Kenapa puasa ramadhan kudu ditunda-tunda. Bukannya kita harus bahagia menyambut bulan suci ramadhan? Padahal cuman beda satu hari, puasa aja kenapa sekalian. Kan pahalanya tambah banyak. Masih ribet karena besok posisi matahari belum terbenam lebih dari 2 derajat? Masih ngelihat hilal dari mata telanjang? seriously? Udahlah, puasa aja.

Tetapi, hal yang paling membuat saya jengkel adalah ketika saya memilih awal ramadhan itu besok, dan saya puasa besok, kebanyakan teman pasti akan mengecap saya, ‘oh dia aliran muhammadiyah.’ Halooooo, masalah menetapkan kapan awal ramadhan itu adalah pilihan saya. Orang selalu berfikir bahwa ‘muhammadiyah’ itu adalah suatu ‘aliran’. Bukan. Saya mengikuti sesuatu apa yang saya kira benar. Saya nggak semerta-merta mengkuti sesuatu hal karena semua orang melakukan itu. saya memilih ikut puasa besok, karena sudah saya pertimbangkan secara akal, ilmiah, dan logis. Awal puasa nggak bareng, tetapi idul fitri bareng. Ngeliat hilal cuman lewat mata telanjang. Kalau hilal ketutupan awan gimana?Β  Kalau ternyata matanya minus gimana? Kan ada teknologi? Kenapa nggak dimanfaatkan aja? Manusia kan juga punya batas kemampuan. Trus masih ribet sama sidang itsbat, padahal kita semua tau apa keputusannya pemerintah. Pemerintah pasti memilih awal Ramadhan yang tanggal 29 Juni 2014. Kalaupun pemerintah memilih besok, kasian banget rakyatnya yang nunggu sidang itsbat. Bisa-bisa tarawih jam 8 atau 9 malam tuh. What the goverment did, is doesn’t make sense to me.

Kalau kamu berfikir bahwa ‘yang benar’ adalah pemerintah, dan awal ramadhan masih tanggal 29 Juni 2014, maka laksanakanlah apa yang kamu anggap benar. Jangan ngurusin apa yang orang lain pilih. Lakukan apa yang kamu anggap benar. Nggak usahlah kita bertengkar atau berdebat karena kita berbeda pilihan dalam memutuskan awal ramadhan. It happens every year. Ngga usahlah mengecap orang yang macem-macem. Lakukanlah apa yang kamu anggap benar. Kalau kamu udah yakin, yaudah jalanin. Karena setiap tahun di Indonesia pasti ada perbedaan penentuan awal ramadhan. Kalian nggak capek? Debat kayak gitu tiap tahun.

Saya benar-benar berharap umat muslim di Indonesia bisa damai. saya juga berharap suatu saat awal penentuan ramadhan. idul fitri, idul adha di Indonesia bisa bareng. It will be nice and peaceful.

Jadi, sekali lagi, pikirkanlah baik-baik. Lakukan apa yang kamu yakini dan kamu anggap benar. Ngga udah mengejek atau mencemooh pilihan orang lain yang berbeda dengan pilihanmu, karena setiap orang punya alasannya sendiri.

Terakhir, maafkan saya kalau ada salah ya people! Baik yang sengaja atau tidak. πŸ˜€ Selamat berpuasa semuanya πŸ™‚ Marhaban ya Ramadhan! πŸ™‚

2 thoughts on “Penentuan Awal Ramadhan tahun 1435H/2014M

  1. I was just looking at your Penentuan Awal Ramadhan tahun 1435H/2014M | when the heart speaks out site and see that your website has the potential to become very popular. I just want to tell you, In case you didn’t already know… There is a website network which already has more than 16 million users, and most of the users are interested in topics like yours. By getting your site on this network you have a chance to get your site more popular than you can imagine. It is free to sign up and you can read more about it here: http://www.urlator.co/w7uk – Now, let me ask you… Do you need your website to be successful to maintain your way of life? Do you need targeted visitors who are interested in the services and products you offer? Are looking for exposure, to increase sales, and to quickly develop awareness for your website? If your answer is YES, you can achieve these things only if you get your website on the network I am describing. This traffic network advertises you to thousands, while also giving you a chance to test the network before paying anything at all. All the popular sites are using this network to boost their traffic and ad revenue! Why aren’t you? And what is better than traffic? It’s recurring traffic! That’s how running a successful site works… Here’s to your success! Read more here: http://www.urlator.co/w7uk

    Like

  2. I was just looking at your Penentuan Awal Ramadhan tahun 1435H/2014M | PETRICHOR site and see that your site has the potential to become very popular. I just want to tell you, In case you don’t already know… There is a website network which already has more than 16 million users, and the majority of the users are interested in websites like yours. By getting your website on this service you have a chance to get your site more popular than you can imagine. It is free to sign up and you can read more about it here: http://claimyourexcellence.info/12ny – Now, let me ask you… Do you need your site to be successful to maintain your way of life? Do you need targeted traffic who are interested in the services and products you offer? Are looking for exposure, to increase sales, and to quickly develop awareness for your site? If your answer is YES, you can achieve these things only if you get your website on the service I am talking about. This traffic network advertises you to thousands, while also giving you a chance to test the network before paying anything. All the popular websites are using this service to boost their traffic and ad revenue! Why aren’t you? And what is better than traffic? It’s recurring traffic! That’s how running a successful site works… Here’s to your success! Read more here: http://www.kaktusit.com/a252

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s